Peluang Usaha Mitra Distributor Sembako: Modal dan Cara Menjalankannya   

peluang usaha mitra distributor

Sebagai kebutuhan pokok, permintaan akan sembako memang tidak pernah sepi. Hal ini menyebabkan peluang usaha mitra distributor sembako masih terbuka lebar. Usaha ini juga menguntungkan dan resiko kerugiannya sangat minim. Lalu bagaimana cara menjalankannya? Simak penjelasan dibawah ini. 

Cara Menjalankan Usaha Distributor Sembako

peluang usaha mitra distributor
Tahap menjalankan usaha mitra distributor sembako

1. Mempersiapkan Tempat Usaha

Cara pertama sebelum membuka usaha ini adalah dengan mempersiapkan tempat usaha. Hal ini dikarenakan jika belum memiliki tempat usaha, maka barang yang sudah dibeli tidak ada tempat untuk menyimpannya. Oleh karena itu, tempat usaha merupakan komponen penting yang harus dipersiapkan lebih dulu.

2. Analisa Modal

Setelah memiliki tempat usaha dan modal yang cukup. Langkah selanjutnya yaitu melakukan analisis modal supaya pengeluaran tidak membengkak. Pertimbangkan barang apa saja yang akan dibeli. Jika diperlukan lakukan survei harga terlebih dahulu sebelum membelinya. Kemudian tulis semua daftar harga barang yang akan dibeli.

3. Tulis Daftar Harga Barang

Setelah selesai melakukan survei harga di beberapa tempat, selanjutnya tulis daftar harga barang yang akan dibeli. Tujuannya supaya pengeluaran modal terlihat jelas dan tidak terjadi kesalahan. Setelah selesai menulisnya, lanjutkan dengan pembelian barang dan lakukan pembayaran secara tunai.

4. Bekerja Sama dengan Distributor Produk

Peluang usaha mitra distributor sembako sangat menjanjikan. Bekerja sama dengan distributor akan mempermudah dalam pencarian stok barang. Keuntungan lainnya yaitu tidak perlu bernegosiasi lagi, produk yang dibeli sudah jelas kualitasnya dan sebagainya. Tak heran jika bisnis ini sangat menjanjikan untuk dijalankan.

5. Membangun Hubungan dengan Konsumen

Usaha yang dijalankan akan mengalami kegagalan jika penjual tidak memiliki hubungan baik dengan semua konsumennya. Oleh karena itu, hal ini tidak bisa dianggap sepele dan perlu diperhatikan lebih. Alasannya karena membangun hubungan baik dengan konsumen sangat baik untuk kelancaran usaha yang dijalani.

Cara Mencari Distributor yang Tepat dan Modal yang Disiapkan

peluang usaha mitra distributor
Jumlah modal yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha ini

Dalam menjalankan usaha ini pastinya harus menjalin kerja sama dengan distributor sembako. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar memperoleh distributor yang baik. Bisa dengan mencari nomor telepon salesman distributor, mengajukan permohonan kepada supervisor atau salesman, atau bisa juga dengan datang ke kantor distributor.

Menjalin kerja sama dengan distributor juga bisa dilakukan melalui online. Cara ini bisa dibilang cukup mudah dilakukan. Beberapa cara yang bisa dilakukan seperti meninggalkan pesan pada situs resmi distributor dan menggunakan distributor online pihak ketiga.

Bisa dibilang modal yang diperlukan untuk usaha ini tidak terlalu besar. Anda perlu mempersiapkan modal sebesar 10 juta rupiah. Rinciannya 1,2 untuk membeli etalase toko, 3 juta untuk membeli kulkas khusus sembako, 500 ribu untuk membeli meja dan kursi, 800 ribu untuk membeli perlengkapan, sisanya untuk membeli sembako yang akan dijual. 

Keuntungan Menjalankan Peluang Usaha Mitra Distributor Sembako

peluang usaha mitra distributor
Berbagai keunggulan mitra usaha sembako

Banyak orang memutuskan untuk membuka usaha karena peluangnya dan keuntungannya sangat besar. Terlebih usaha yang dipilih adalah usaha sembako. Seperti yang diketahui jika sembako merupakan kebutuhan pokok semua manusia. Adapun keuntungan yang diperoleh jika menjalankan usaha ini adalah: 

  1. Peluang usahanya cukup besar
  2. Daya saingnya tidak terlalu ketat
  3. Bisa dibuka dimana saja
  4. Pasti laku terjual
  5. Bisa kembali modal dalam waktu cepat

Nah itulah informasi seputar peluang usaha mitra distributor sembako. Bisa dibilang usaha ini cukup menguntungkan. Selain itu, juga tidak membutuhkan modal yang terlalu besar. Dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan, tak heran jika usaha ini bisa menjadi pilihan bisnis yang menarik untuk ditekuni. 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *