Kenali Berbagai Peluang Usaha Ternak yang Menguntungkan

peluang usaha ternak

Sudah bukan sesuatu yang baru lagi jika beternak merupakan mata pencaharian dengan penghasilan cukup besar. Ada banyak jenis hewan yang bisa di ternakkan. Di Indonesia sendiri peluang usaha ternak cukup menjanjikan. Ini tidak terlepas dari iklim tropis yang dimilikinya sehingga ternak menjadi sangat mudah dilakukan.

20 Peluang Usaha Ternak yang Menguntungkan 

Usaha ternak memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Ada berbagai macam persiapan bisnis yang harus dilakukan dengan matang. Hal ini bertujuan agar usaha yang dijalani bisa terhindar dari rugi. Berikut ini merupakan peluang usaha 20 hewan ternak yang bisa dipilih. 

1. Ternak Sapi

Sapi merupakan jenis ternak yang sangat populer di Indonesia. Banyak masyarakat yang ternak hewan ini. Ternak sapi cukup mudah dilakukan karena makanannya rumput dan jumlahnya melimpah. Mengingat harga daging sapi yang cukup mahal bisa dipastikan ternak sapi sangat menguntungkan.

2. Ternak Kambing  

Peluang usaha ternak selanjutnya adalah ternak kambing. Ternak kambing bisa menjadi alternatif setelah ternak sapi. Alasannya harga beli juga lebih terjangkau dan tidak rumit dalam pemeliharaannya. Namun keuntungan ternak kambing juga tidak kalah besar dari ternak sapi. 

3. Ternak Kambing Etawa

Kambing etawa merupakan jenis kambing penghasil susu. Susu yang dihasilkan memiliki banyak khasiat terutama untuk kecantikan. Namun ternak kambing etawa membutuhkan modal cukup besar. Tetapi keuntungannya juga melimpah. 

4. Ternak Bebek 

Ternak bebek juga sangat menjanjikan. Untuk menjalankan usaha ini Anda harus terlebih dahulu menyiapkan kandang yang nyaman, bersih, kering dan sedikit terbuka. Anda perlu menyiapkan modal sebesar Rp 1,5 juta untuk memulai usaha ini.

5. Ternak Ayam Pedaging

peluang usaha ternak
Usaha Ternak Ayam Pedaging

Kebutuhan daging potong tidak ada habisnya karena banyak masyarakat yang membutuhkannya. Hal ini kemudian menjadi peluang usaha yang menjanjikan dengan ternak ayam pedaging. Anda bisa memulai usaha ini dari skala kecil terlebih dahulu. 

6. Ternak Ayam Petelur 

Tidak hanya daging, telur juga sangat dibutuhkan. Bahkan dari hari ke hari konsumsi telur semakin meningkat. Ternak ayam petelur sebenarnya cukup mudah karena hanya memberikan makan dan perawatan sederhana. Tidak perlu mengeluarkan dan memasukkan ayam ke dalam kandang. 

7. Ternak Ayam Kampung 

Bisa dibilang ternak ayam kampung membutuhkan waktu lebih lama untuk bisa memanennya. Hal ini kemudian membuat harga ayam kampung menjadi lebih mahal. meski begitu peminat daging ayam kampung masih tergolong tinggi.

8. Ternak Burung 

Memulai usaha ternak burung hanya membutuhkan sedikit keahlian saja, yaitu paham tentang kondisi yang dirasakan burung. Selain itu juga rajin memberi makan dan membersihkannya. Di Indonesia ternak burung masih menjadi trend karena harga jualnya relatif stabil.

9. Ternak Burung Puyuh 

Ketika ingin usaha ternak burung puyuh disarankan untuk mencari tempat yang jauh dari pemukiman. Mengingat karena polusi yang dihasilkan sangat menyengat. Pendapatan dari ternak puyuh juga cukup besar. Selain bisa menjual telur puyuh juga burung puyuh untuk dijadikan lalapan.

10. Ternak Kelinci  

peluang usaha ternak
Hewan Kelinci untuk Diternakkan

Ternak kelinci selain dijual untuk dikonsumsi juga dijadikan hewan peliharaan. Harga kelinci pelihara harga jualnya cukup mahal. Peminat dari kelinci bisa dibilang sangat tinggi sehingga keuntungan yang diperoleh relatif tinggi.

11. Ternak Jangkrik 

Semakin banyaknya peternak burung maka konsumsi jangkrik akan meningkat. Untuk memenuhi permintaan maka bisa memulai ternak jangkrik. Jangkrik itu sendiri memiliki kandungan protein yang sangat baik untuk pertumbuhan burung, 

12. Ternak Cacing 

Jenis ternak yang satu ini masih jarang sekali didengar. Tetapi jika menekuni usaha cacing tanah akan mendapatkan untung yang cukup besar. Bahkan mencapai 300 juta per bulannya. Biasanya cacing tersebut akan diekspor ke Jepang dan Belanda.

13. Ternak Kroto 

Dalu kroto bisa diperoleh dengan mudah karena banyak ditemukan di pepohonan. Namun saat ini sudah sulit menemukan  kroto. Maka dari itu berinsisiatif untuk ternak kroto sendiri. Keuntungan yang diperoleh juga besar karena banyak pabrik pakan burung yang membutuhkannya.

14. Ternak Lebah Madu 

Harga jual dari lebah cukup tinggi namun madu lebih mahal lagi. Jadi ternak lebah madu akan mendapatkan keuntungan berlipat-lipat. Saat ternak lebah madu harus memperhatikan suhu lingkungan sekitar. Suhu lingkungan sekitar sangat mempengaruhi madu yang dihasilkan.

15. Ternak Ulat Sutra 

peluang usaha ternak
Usaha Budidaya Cacing Sutra yang Menguntungkan

Biasanya ternak ulat sutra dilakukan di daerah yang memiliki suhu udara yang dingin. Harga jual dari sutra sudah sejak dahulu dikenal sangat mahal. Pasar dari hasil ternak sutra juga sangat luas bahkan hingga ke seluruh dunia.

16. Ternak Ikan Lele

Ternak ikan lele sangat cocok dilakukan oleh pemula karena mudah dilakukan. Hanya dalam waktu 3 bulan lele sudah siap dipanen. Jika budidaya lele yang dilakukan menggunakan cara modern maka membutuhkan waktu yang lebih sedikit.

17. Ternak Ikan Nila 

Ikan nila bisa dibudidayakan di air yang mengalir. Dan sangat cocok dijadikan usaha ternak. Selain harga jualnya mahal  perawatannya juga tidak sulit. Untuk menjualnya juga sangat mudah.

18. Ternak Ikan Gabus 

Ikan gabus memiliki kandungan protein dan vitamin yang sangat bagus untuk pertumbuhan anak/ Biasanya ikan gabus dicari untuk dijadikan sebuah kue dan produk makanan lainnya. tingginya permintaan ikan gabus maka membuka peluang usaha yang menjanjikan.

19. Ternak Belut 

Belut biasanya dijual dengan harga mahal. Ini karena membudidayakan belut cukup sulit. Sehingga tidak semua orang bisa melakukannya. Namun itu semua bisa dipelajari sehingga menjadi bisa membudidayakannya. Pasar penjualan belut sudah menembus pasar ekspor.

20. Ternak Tokek 

Biasanya kulit tokek digunakan sebagai obat ampuh menyembuhkan penyakit kulit. Namun saat ini belum banyak orang yang membudidayakannya. Tidak ada salahnya jika ternak tokek dijadikan usaha menjanjikan.

Itulah peluang usaha ternak yang menguntungkan. Bagaimana, apakah setelah ini tertarik untuk membuka usaha ternak? Semoga penjelasan di atas bisa bermanfaat bagi pembaca semuanya. Selamat mencoba ya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *