Ketahui Pengertian Bisnis Online dan Cara Memulainya

bisnis online

Semakin majunya teknologi diikuti dengan pengguna internet yang terus meningkat, membuat peluang bisnis menjadi terbuka lebar. Peluang bisnis yang banyak dijalankan adalah bisnis online tempat jual atau beli barang dan jasa secara online. Bahkan bisnis semacam ini tidak hanya bisa dijalankan oleh perusahaan-perusahaan besar tetapi juga banyak dilakukan oleh perorangan dan pelaku UKM. Lalu bagaimana cara memulai bisnis dengan sistem online?

Pengertian Bisnis Online 

bisnis online
Bisnis Online

Bisnis dengan sistem online merupakan sebuah cara yang digunakan untuk promosi atau menawarkan barang atau jasa dan dilakukan dengan menggunakan jaringan internet. Singkatnya pengertian usaha semacam ini adalah menjual atau promosi yang dilakukan dengan cara online atau menggunakan jaringan internet. 

Saat ini bisnis semacam ini sangat digemari oleh banyak orang, selain tak membutuhkan banyak modal juga sangat mudah untuk dijalankan. Dalam bisnis ini syarat utamanya dalam koneksi internet. Alasannya adalah dalam bisnis seperti ini bisa dijalankan meski tanpa modal , asalkan memiliki jaringan internet.

Perkembangan Sistem Usaha Online

bisnis online
Perkembangan Usaha Online

Menurut beberapa sumber, bisnis ini mulai muncul pada dekade 1980-an. Bisnis seperti ini mulai hadir ketika pertukaran data elektronik mulai dikembangkan untuk membantu perusahaan dalam melakukan transaksi perdagangan, terutama impor dan ekspor. Pada saat itu transaksi masih dilakukan dengan cara sederhana karena hanya menggunakan surat elektronik (e-mail) sebagai ajang promosi dan penawaran. 

Pada dekade 1990-an, sistem online pada bisnis terus berkembang yang dipelopori oleh banyak perusahaan yang membeli barang melalui komputer dalam bentuk CompuServe pada tahun 1992. Pada tahun 1995 perusahaan Amazon dan Ebay telah memanfaatkan website untuk aktivitas bisnis mereka dalam perdagangan internasional.

Pada tahun 1999 perusahaan Infact juga mulai menggunakan penjualan ritel di internet. Pasca itu usaha semacam ini terus berkembang di seluruh dunia termasuk Indonesia. Diperkirakan sistem online di Indonesia mulai muncul pada dekade 1990-an meski dalam kalangan terbatas.

Cara Memulai Bisnis dengan Sistem Online

bisnis online
Memulai Bisnis

Bagi pemula yang ingin menekuni bidang bisnis ini pasti memiliki beberapa kendala. Kendala utamanya adalah bingung harus memulai aktivitas tersebut dari mana. Itu merupakan hal yang wajar karena banyak orang yang juga memiliki kendala yang sama. Untuk itu di bawah ini akan dijelaskan bagaimana cara memulainya. Simak penjelasan nya di bawah ini :

1.Mengenali Bakat Anda

Sebelum menjalankan usaha semacam ini, Anda harus mengetahui apa bakat yang dimiliki. Sebagai pemula sebaiknya jangan dulu memikirkan berapa pendapatan yang akan diperoleh, karena yang terpenting adalah mengembangkan bakat yang dimiliki. Kemudian buat diri Anda menjadi sosok yang pantas untuk dibayar mahal.

2. Memilih Jenis Usaha yang Tepat

Karena usaha online memiliki banyak jenisnya, maka Anda perlu mengetahui kelebihan dan kekurangan setiap bentuk usaha yang ada. Terdapat 3 (tiga) jenis yang dikenal secara umum, yaitu PTC (pay to click), PPC (pay per click), dan PPD (pay per download). 

3. Mempelajari Prospek Usaha yang Dipilih

Setelah memilih jenis usaha apa yang akan dijalankan, Anda juga perlu mencari tahu peluangnya. Semua ini dilakukan agar untuk menjamin agar bisnis yang dijalankan bisa bertahan lama. Akan tetapi, dalam menganalisa jangan terlalu lama karena bisa membuat Anda menjadi pesimis bahkan tidak jadi memulainya. 

4. Action 

Apabila semua persiapan sudah selesai dilakukan, selanjutnya untuk segera action dan yang pasti jangan pernah takut untuk gagal. Karena banyak orang sukses berasal dari orang yang dulunya pernah merasakan kegagalan.

Itulah penjelasan tentang pengertian bisnis online dan cara memulainya. Semoga pembahasan di atas bisa menambah pengetahuan pembaca semuanya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *