Memahami Pengertian Menabung, Tujuan, dan Manfaatnya

pengertian menabung

Banyak orang yang merasa sulit membiasakan diri untuk menyisihkan sebagian uangnya untuk menabung. Hal ini bukan tanpa alasan karena menabung membutuhkan kesadaran ekstra dan kemauan besar. Tapi sebenarnya, apa sih pengertian menabung? 

Banyak orang yang hanya mengetahui pentingnya menabung tapi belum mengetahui pengertian menabung secara khusus. Sehingga banyak yang masih meremehkan pentingnya menabung ini. Berikut ini merupakan informasi lengkap mengenai pengertian, tujuan, dan juga manfaat dari menabung untuk keuangan yang lebih baik. 

Pengertian Menabung Secara Umum 

pengertian menabung
Mengetahui Apa Pengertian Menabung Secara Umum

Pengertian menabung adalah menyisihkan sebagian uang yang dimiliki untuk disimpan. Menabung merupakan salah satu cara dalam mengelola keuangan demi masa depan yang cerah. Menabung bisa dilakukan dimana saja. Tempat untuk menabung tidak menjadi masalah karena tujuannya sama-sama untuk menyisihkan uang yang dimiliki. 

Tujuan menabung yang utama adalah membiasakan diri untuk hidup hemat, mengatur keuangan dengan baik. Selain itu juga menyukseskan pembangunan dan juga merencanakan serta mempersiapkan hari depan. Dilihat dari tujuannya sudah bisa diketahui jika menabung memiliki banyak manfaat.

Manfaat Menabung untuk Masa Depan

1. Belajar Hemat

Kebiasaan menabung harus dimulai sejak dini supaya dari kecil sudah belajar lebih bijak untuk mengatur keuangan. Menghindari untuk membeli suatu hal yang tidak berguna dan menyisihkan uang untuk di tabung. Tujuannya supaya kebutuhan dana di hari tua bisa tercukupi.

2. Mencegah Berhutang 

pengertian menabung
Menghindari Kebiasaan untuk Berhutang

Kebiasaan darurat seperti sakit tidak bisa dihindari oleh siapapun. Dana yang dibutuhkan saat sakit tidak sedikit, mau tidak mau akhirnya berhutang menjadi jalan keluarnya. Bisa berhutang di saudara atau di bank. Biasanya hutang di bank, bunganya cukup tinggi dan prosesnya cukup lama. Membiasakan menabung bisa bermanfaat untuk meminimalisir berhutang ketika dalam kondisi darurat.

3. Belajar Lebih Disiplin 

Manfaat menabung selanjutnya yaitu belajar lebih disiplin dengan menetapkan nominal uang setiap hari, minggu atau bulan yang harus ditabung secara terus menerus. Hal ini akan membuat Anda menjadi lebih disiplin dalam mengatur keuangan. Selain itu juga akan membuat lebih bijak dalam menggunakan uang yang dimiliki.

4. Belajar Sabar

Kebiasaan menabung merupakan salah satu hal yang baik untuk melatih kesabaran. Dengan menabung Anda bisa bersabar untuk membeli sesuatu dengan uang yang dimiliki. Menabung bisa membuat lebih mudah dalam mengatur dan menentukan mana yang harus diprioritaskan terlebih dahulu.

5. Investasi 

pengertian menabung
Menabung Menjadi Dasar dari Investasi

Ketika Anda ingin berinvestasi maka syarat yang harus dipenuhi terlebih dahulu adalah menabung. Tidak mungkin bisa melakukan investasi tanpa terlebih dahulu menabung. Investasi yang dipilih ada beberapa jenis yaitu investasi saham, properti, emas dan sebagainya. 

6. Melatih Hidup Sederhana

Secara tidak langsung, kebiasaan menabung bisa melatih Anda untuk hidup sederhana. Alasannya karena sebagian uang yang dimiliki akan disisihkan untuk disimpan dalam bentuk tabungan. Ketika ini sudah rutin dilakukan maka akan tidak terbiasa menghabiskan uang yang dimiliki untuk membeli barang yang tidak terlalu penting.

7. Bisa Memenuhi Keperluan Jangka Pendek 

Saat ini sudah banyak ditemukan fasilitas pinjaman yang mudah digunakan. Tapi sebaiknya hindari kebiasaan berhutang untuk keperluan konsumtif. Apabila belum memiliki uang untuk membeli sesuatu, sebaiknya menabung terlebih dahulu. Dengan memiliki tabungan bisa membantu mewujudkan keinginan untuk membeli sesuatu.

Nah, itulah pengertian menabung, tujuan dan manfaatnya. Diharapkan uraian diatas bisa membangkitkan kesadaran pembaca untuk mulai membiasakan diri untuk menabung. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat untuk pembaca semuanya.  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *