Perbedaan E-Commerce dan Marketplace untuk Belanja Online

perbedaan e-commerce dan marketplace

Beberapa istilah yang sering didengar berkaitan dengan toko online adalah E-Commerce dan juga marketplace. Kedua istilah tersebut sangat dikenal karena keduanya sama-sama menjual barang. Meski begitu, kedua istilah tersebut memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Lalu apa saja perbedaan E-Commerce dan marketplace? Berikut penjelasannya.

5 Perbedaan E-Commerce dan Marketplace

1. Sisi Teknis

perbedaan e-commerce dan marketplace
Perbedaan dari Segi Teknis

Perbedaan keduanya dalam sisi teknis dan biaya bisa dilihat dari pembuatan website dan promosi yang digunakan. Website yang digunakan dalam E-Commerce harus bagus dan juga mempermudah pengunjungnya. Artinya dalam pembuatan website harus menyewa jasa profesional yang sudah ahli di bidang tersebut, baru melakukan promosi.

Sedangkan dalam marketplace, penjual tidak perlu susah dalam membuat website. Hal ini dikarenakan website dan juga promosi sudah ditanggung oleh pembuat marketplace. Penjual hanya perlu membuat akun di situs-situs marketplace lalu mengunggah foto produk yang dijual. Mendaftar marketplace tidak dipungut biaya sehingga bisa menekan pengeluaran.

2. Sisi Barang yang Dijual

Meski sama-sama menjual barang secara online tetapi E-Commerce dan marketplace sangat berbeda. Pada E-Commerce, hanya bisa membeli barang yang dijual berdasarkan brand yang diusung. Meski bentuknya beraneka ragam, tetapi barang yang ditawarkan berasal dari satu brand. Misalnya, toko Adidas yang menjual beraneka ragam barang dari brand tersebut.

Sedangkan pada marketplace, seperti halnya toko pada umumnya namun barang dijual secara online. Dalam marketplace pengunjung bisa melihat banyak produk yang memiliki merk dan jenis yang beragam. Contoh marketplace di Indonesia adalah Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Blibli dan sebagainya. Di aplikasi tersebut akan ditemukan berbagai macam produk.

3. Sisi Promosi

perbedaan e-commerce dan marketplace
Cara Promosi dan Strategi Pemasaran yang Berbeda

E-Commerce harus memiliki website sendiri. Artinya segala sesuatunya harus diurus sendiri, salah satunya adalah promosi di website tersebut. Promosi di website bisa dimulai dari menarik traffic, mengumpulkan leads, promosi di media sosial dan sebagainya. Dalam promosi ini harus membuat strategi marketing yang menarik.

Sementara dalam marketplace, promosi yang dilakukan bisa dibantu oleh platform tempat berjualan. Hal ini dikarenakan marketplace ingin menarik traffic dan menjual barang sebanyak mungkin. Secara tidak langsung, barang yang Anda jual akan ikut dipromosikan. Selain itu, Anda juga bisa membeli fitur-fitur premium yang disediakan.

4. Sisi Persaingan

Persaingan yang ada di E-Commerce tidak ada dalam satu website. Justru persaingan akan terjadi  dengan sesama website E-Commerce lainnya karena untuk mendapatkan rangking pencarian pertama di hasil pencarian Google. Jadi, saat menjual barang tertentu  yang membutuhkan brand awareness tinggi, E-Commerce menjadi tempat yang strategis.

Persaingan yang ada di marketplace bisa dibilang cukup keras. Alasannya karena ada toko lain yang juga menawarkan barang yang sama dan sama-sama dijual dalam satu platform. Terkadang ada puluhan hingga ratusan orang menjual produk yang sama. Maka dari itu, Anda harus bersaing dari harga, kualitas packing, dan juga kecepatan pengiriman barang.

5. Segi Kepercayaan

perbedaan e-commerce dan marketplace
Kepercayaan Kepada Marketplace yang Lebih Tinggi

Dalam hal kepercayaan bagi penjual baru, bisa dibilang marketplace masih lebih baik dari website E-Commerce milik sendiri. Terlebih jika marketplace yang digunakan adalah marketplace besar dan mempunyai reputasi baik. Bagi penjual yang baru saja membuat website E-Commerce, membangun kepercayaan membutuhkan waktu cukup lama.

Anda harus fokus dan juga serius dalam menerapkan strategi untuk membangun kepercayaan konsumen melalui website. Salah satu caranya yaitu dengan menampilkan testimoni. Bisa juga menggunakan live chat. 

Itulah penjelasan mengenai 5 perbedaan E-Commerce dan marketplace yang harus diketahui. E-Commerce maupun marketplace sama-sama memiliki kelebihan dan juga kekurangan masing-masing. Namun, jika dijalankan dengan serius bisa menghasilkan banyak keuntungan. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *