Informasi Seputar Program Afiliasi dan Cara Kerjanya

program afiliasi

Bisa dipastikan jika setiap orang ingin mendapatkan banyak uang tanpa harus melakukan banyak hal. Saat ini keinginan tersebut bisa didapatkan karena memang sekarang sedang hidup di era digital. Dimana siapa saja bisa mencari uang melalui internet, salah satunya melalui program afiliasi

Mengenal Program Afiliasi dan Cara Kerjanya

program afiliasi
Memahami Apa Itu Model Bisnis Afiliasi

Program afiliasi merupakan program yang menyediakan keuntungan apabila seseorang berhasil membuat orang lain menggunakan sebuah produk yang ditawarkan. Komisi atau jumlah keuntungan yang diperoleh dari program ini berbeda-beda. Umumnya tergantung dari kebijakan perusahaan yang diikuti. 

Dalam kerja program afiliasi terdapat 3 pihak yang terlibat secara langsung yakni pemilik produk, affiliate dan konsumen. Pemilik produk adalah pemegang atau pembuat program afiliasi, bisa berupa perusahaan, vendor dan sejenisnya. Sedangkan affiliate merupakan orang atau badan tertentu yang bertugas menawarkan produk dari pemilik produk kepada calon konsumen.

Terakhir adalah konsumen yakni pembeli baik dari pemilik produk secara langsung maupun dari affiliate. Sebuah program afiliasi memiliki cara kerja tersendiri yang membedakan nya dengan sistem lain. Berikut ini adalah cara kerja dari program afiliasi.

1. Mendaftar Program Afiliasi

Hal pertama yang harus dilakukan untuk mengikuti program afiliasi adalah registrasi atau daftar. Cara registrasi yang harus ditempuh juga biasanya akan bersifat online. Untuk mendaftar program ini biasanya sebuah perusahaan atau pemilik produk menyediakan laman website agar memudahkan pesertanya.

Setelah melakukan pendaftaran melalui website, calon peserta akan memperoleh kode referral. Setiap orang akan memiliki kode ini berbeda-beda. Kode ini digunakan sebagai konfirmasi bagi ketika membeli sebuah produk dari affiliate.

2. Mempromosikan Produk

program afiliasi
Memperbanyak Promosi untuk Memperoleh Komisi

Mempromosikan kode referral merupakan hal yang sangat penting agar produk banyak yang terjual sehingga memperoleh banyak komisi. Promosi tersebut bisa dilakukan melalui berbagai media. Seperti membuat review produk di blog, memasang banner atau iklan di laman website.

Bisa juga dengan membuat postingan pada beranda media sosial. Baik berupa tulisan yang disertai dengan gambar/foto maupun video. Cara yang terakhir adalah dengan melakukan promosi di forum-forum online.

3. Orang Lain Menggunakan Kode Referral

Setelah melakukan promosi di berbagai media, diharapkan orang tertarik dan menggunakan kode referral tersebut. Ketika calon konsumen tersebut menggunakan kode referral maka mereka akan memperoleh diskon dan affiliate mendapatkan komisi. Konsumen akan memperoleh harga yang lebih murah daripada membelinya secara langsung ke pemilik produk.

4. Memperoleh Komisi

program afiliasi
Semakin Besar Promosi dan Pelanggan yang Didapat, Komisi Semakin Besar

Komisi akan diperoleh ketika kode referral yang dipromosikan digunakan oleh calon konsumen. Namun, komisi yang diperoleh tidak harus dari konsumen yang membeli produk. Komisi bisa diperoleh dari per penjualan produk. 

Seperti komisi yang diterapkan oleh affiliate pada umumnya, per-lead yakni calon konsumen menyelesaikan beberapa tahapan yang ditentukan oleh pemilik produk seperti mengisi form, subscribe dan lain-lain, dan per-klik ketika calon konsumen mengklik link referral yang dibagikan.

Keuntungan dan Contoh dari Program Ini

  1. Passive income yakni memperoleh keuntungan bahkan ketika tidur pun
  2. Hanya perlu menyediakan modal kecil seperti hanya mensyaratkan membeli produk ketika mendaftar atau bahkan tanpa modal.
  3. Dapat dikerjakan di manapun tidak mengharuskan datang ke kantor seperti kerja pada umumnya
  4. Waktu kerja lebih fleksibel sehingga bisa dikerjakan kapan saja sesuai target komisi yang diinginkan
  5. Dapat mengikuti banyak program afiliasi dari berbagai pemilik produk

Sementara itu ada beberapa contoh dari program afiliasi ini, seperti Amazon Affiliate Program. Program dari perusahaan ecommerce terbesar yakni amazon. Program afiliasi yang ditawarkan menawarkan komisi hingga 10% dari produk mereka yang berhasil dijual. 

Yang kedua adalah G Suite Referral. Program ini adalah link referral dari sekumpulan alat yang dapat membantu berbagai permasalahan bisnis. Komisi yang diperoleh tergantung dari jenis paket yang diikuti seperti paket basic yang menawarkan keuntungan 15 USD dan paket-paket lainnya

Yang terakhir adalah afiliasi Bukalapak. Bukalapak juga menawarkan program afiliasi dengan nama bukalapak affiliate program. Skema dari afiliasinya adalah Cost per Sale (CPS) yakni komisi didapat dari konsumen yang membeli produk dari link yang Anda bagikan. Jumlah komisi tergantung dari jenis produk yang dibeli.

Nah itulah penjelasan tentang program afiliasi, mulai dari pengertian hingga contohnya. Pada dasarnya program ini mudah dilakukan dan sangat menguntungkan. Semoga informasi yang disampaikan bisa memberikan banyak manfaat. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *