Rekomendasi Saham yang Cocok untuk Investasi Jangka Panjang

saham yang cocok untuk investasi jangka panjang

Investasi saham merupakan salah satu jenis investasi yang cocok untuk jangka panjang. Hal ini dikarenakan semakin lama dilakukan maka potensi untuk mendapatkan keuntungan juga semakin besar. Para pemula juga bisa melihat rekomendasi saham yang cocok untuk investasi jangka panjang yang bisa dipilih. 

5 Saham yang Cocok Untuk Investasi Jangka Panjang

Bagi pemula yang baru saja terjun dalam investasi saham disarankan untuk memilih saham blue chip. Saham blue chip itu sendiri merupakan salah satu jenis saham terbaik dari perusahaan dengan kinerja terbaik, mumpuni di bursa dan memiliki track record konsisten dalam jangka waktu panjang. Berikut beberapa saham yang direkomendasikan.

1. UNVR

saham yang cocok untuk investasi jangka panjang
Produk saham dari Unilever Indonesia

Saham untuk investasi jangka panjang yang pertama adalah UNVR. UNVR merupakan kode saham dari Unilever Indonesia. Dimana perusahaan ini menjadi perusahaan consumer good terbaik dan terbesar di Indonesia. Beberapa merek hasil produksi perusahaan ini yang paling terkenal adalah Rexona, Rinso, Royco dan sebagainya.

Pasar Indonesia sangat terbuka dengan produk-produk yang dijual oleh UNVR. Kekuatan brand dan juga penguasaan pasar yang dimiliki oleh perusahaan ini membuat kinerja keuangannya menjadi lebih efisien dan stabil. Tidak salah jika Anda membeli saham perusahaan ini untuk investasi jangka panjang, dijamin bakal mendapatkan keuntungan.

2. TLKM

TLKM merupakan kode saham yang dimiliki oleh PT Telekomunikasi Indonesia Tbk atau TELKOM. Perlu diketahui jika TLKM merupakan perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia dan termasuk perusahaan milik BUMN. Masyarakat Indonesia pasti sudah sangat mengenal produk-produk yang dimiliki oleh TLKM.

Banyak keunggulan yang diperoleh jika Anda membeli saham perusahaan ini, antara lain setiap tahun rajin membagi deviden kepada pemegang sahamnya. Selain itu, juga memiliki profit margin diatas perusahaan telekomunikasi lainnya dan memiliki dukungan investasi modal yang sangat kuat.

3. ICBP

saham yang cocok untuk investasi jangka panjang
Jenis saham dari PT Indofood Makmur

Saham yang cocok untuk investasi jangka panjang selanjutnya yaitu ICBP. ICBP itu sendiri merupakan kode saham dari PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Salah satu produk perusahaan ini yang sangat terkenal adalah indomie. Masyarakat yang jumlahnya banyak yang menyukai produk ini sehingga demand diprediksi terus bertambah.

Supaya lebih meyakinkan inilah indikator keuangan yang dimiliki ICBP, pertama pertumbuhan pendapatannya diikuti oleh pertumbuhan lama secara konsisten dari tahun ke tahun. Rajin membagi deviden kepada para pemegang sahamnya serta kemampuan perusahaan menghasilkan laba mencapai ROE 21% dan ROA 13,7%.

4. BBRI

BBRI merupakan kode saham dari Bank BRI. Dimana bank ini menjadi bank yang memiliki profit terbesar di Indonesia. Bank ini fokus di kredit usaha mikro, kecil dan menengah. Kredit UMKM tersebut mayoritas pasar pinjaman di Indonesia. Bank BRI merupakan perusahaan yang sudah memiliki banyak pengalaman sehingga kemampuannya sangat mumpuni. 

Beberapa indikator yang menunjukkan kinerja keuangan dari BRI adalah pertumbuhan kredit Bank sangat konsisten, paling tinggi di antara bank lain di kelasnya. Bank BRI juga mencatat margin keuntungan cukup tinggi serta manajemen dan pengalamannya membuat bank BRI memiliki kekuatan yang sulit disaingi bank lainnya di sektor kredit UMKM.

5. BBCA

saham yang cocok untuk investasi jangka panjang
Produk saham dari Bank BCA

BBCA merupakan kode saham dari Bank BCA. Saham Bank BCA merupakan saham dengan kapitalisasi terbesar di BEI pada tahun 2019. Artinya saham ini menjadi yang terbesar di bursa. Hal ini diperoleh bukan tanpa alasan karena kinerja dari Bank BCA sangat ciamik. Bank ini juga menghasilkan profit terbaik.

Indikator kinerja keuangan yang dimiliki Bank BCA yaitu pertumbuhan kredit BCA sangat konsisten, perusahaan dikelola dengan prudent dan efisien, hal ini tercermin dari ROA paling tinggi diantara bank lainnya. Jadi, saham dari bank ini sangat cocok dibeli untuk investasi jangka panjang. 

Nah itulah 5 rekomendasi saham yang cocok untuk investasi jangka panjang. Diharapkan penjelasan diatas bisa membantu Anda yang berencana melakukan investasi saham jangka panjang. Semoga bermanfaat. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *