Sejarah, Produk dan Kemudahan Bank BCA

sejarah Bank BCA

Bank Centra Asia TBK atau yang biasa kita kenal Bank BCA merupakan bank swasta terbesar di Indonesia. Bank ini pertama kali didirikan pada tanggal 21 Februari 1957 dengan nama awal Bank Central Asia NV dan merupakan bagian penting dari salim group. Sekarang Bank ini diambil alih atau dimiliki oleh salah satu perusahaan rokok terbesar di dunia yaitu Djarum.

Sejarah Bank BCA

Pada tahun 1955 NV Sejarah Bank BCA persereoan perdagangan dan Semarang Knitting Factory Industrie mendirikan suatu bank yang merupakan cikal bakal Bank Central Asia (BCA). BCA pada awalnya didirikan oleh Sudono Salim di Jakarta pada 21 Februari 1957 dan memiliki kantor pusat di Jakarta.

1 Mei 1975, seorang pengusaha Mochtar Riady bergabung di BCA. dia memperbaiki segala sistem kerja di bank itu dan merapikan segala arsip-arsip banknya yang pada saat itu ruangannya sangat berantakan.

Pada 1977 BCA melakukan merger dengan dua bank lainnya. Salah satu Bank Gemari yang dimiliki Yayasan Angkatan Bersenjata Republik Indonesia. Kantor bank gemaripun dijadikan salah satu kantor cabang Bank BCA. merger itu membuat BCA dapat menjadi bank devisa.

Menurut seorang George Junus Aditjondro, anak-anak soeharto yang mempunyai saham di BCA adalah Sigit Jarjojudanto dan Siti Hardiyanti (Tutut). Menurutnya, kedua anak Soeharto itu sempat mempunyai 32% saham di Bank Central Asia ini.

Di era 1980an, BCA mengajukan permohonan kepada Bank Indonesia agar dapat mengeluarkan dan mengedarkan kartu kredit atas nama BCA yang dapat juga berlaku di internasional. Untuk itu, BCA bekerjasama langsung dengan MasterCard.

Nah, pada awal 1990an BCA mengembangkan jaringannya melalui layanan Anjungan Tunai Mandiri atau Automated Teller Machine. Pada tahun 1991 tidak tanggung-tanggung BCA mulai ‘menyebarkan’ 50 unit ATM di seluruh penjuru Jakarta. Pengembangan tersebut dilakukan secara intensif.

BCA langsung banyak melakukan kerja sama dengan institusi terkemuka salah satunya PT. Telkom untuk pembayaran tagihan telepon melalui ATM BCA. BCA juga melakukan kerja sama dengan Citibank agar nasabah BCA yang memiliki kartu kredit Citibank bisa melakukan pembayaran tagihannya.

Era Awal & Produk Bank BCA

Pada tahun 2002, FarIndo Investment (Mauritius) Limited mengambil alih 51% saham BCA dengan proses tender strategic private placement. Di periode 2000-an BCA mengembangkan sekaligus memperkuat produk dan layanannya terutama perbankan elektroniknya dengan memperkenalkan tunai BCA, debit BCA, KlikBCA, m-banking BCA, Internet Banking dan lain lain. 2007 juga BCA menjadi salah satu pelopor dalam penawaran produk kredit kepemilikan rumah dengan suku bunga tetap. Selain itu, Bank BCA juga meluncurkan kartu prabayar yang dinamai Flazz Card lalu mulai menawarkan layanan weekend banking agar terus meningkatkan keunggulan di bidang perbankan transaksi.

Struktur Organisasi Bank BCA

Dewan Komisaris
1 Presiden Komisaris Djohan Emir Setijoso
2 Komisaris Tonny Kusnadi
3 Komisaris Cyrillus Harinowo*
4 Komisaris Raden Pardede*
5 Komisaris Sumantri Slamet*
Dewan Direksi
1 Presiden Direktur Jahja Setiaatmadja
2 Wakil Presiden Direktur Eugene Keith Galbraith
3 Direktur Armand Wahyudi Hartono
4 Direktur Suwignyo Budiman
5 Direktur Subur Tan
6 Direktur Henry Koenaifi
7 Direktur Erwan Yuris Ang
8 Direktur Rudy Susanto
9 Direktur Inawaty Handoyo
10 Direktur Lianawaty Suwono
11 Direktur Santoso

Persentasi Kepemilikan Saham

Nama Perusahaan Persentase Kepemilikan Saham
PT BCA Finance PT Bank Central Asia 99.576% ; BCA Finance Limited 0.424%
BCA Finance Limited PT Bank Central Asia 100%
PT Bank BCA Syariah PT Bank Central Asia 99.9999% ; PT BCA Finance 0.0001%
PT BCA Sekuritas PT Bank Central Asia 75% ; PT Poly Kapitalindo 15% ; Chandra Adisusanto 10%
PT Asuransi Umum BCA (BCA Insurance) PT Bank Central Asia Tbk 75% ; PT BCA Finance 25%
PT Central Santosa Finance PT Bank Central Asia Tbk 45% ; PT BCA Finance 25% ; PT Multikem Suplindo 30%
PT Asuransi Jiwa BCA (BCA Life) PT BCA Sekuritas 99.99996% ; PT Asuransi Umum BCA 0.00004%

Jadi, untuk kalian yang ingin mencari bank yang cocok, mudah dan ada dimana mana pilih aja Bank BCA untuk reputasinya tidak perlu diragukan lagi loh. Yuk buka dan nabung di BCA. Website Bank BCA https://www.bca.co.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *