Hidup Tanpa Riba, Kenali Seputar KTA Bank Mandiri Syariah

Salah satu dari produk yang kerap kali dikenal sebagai KTA Bank Mandiri Syariah yaitu BSM Impan. BSM Implan merupakan fasilitas pembiayaan kepada para karyawan tetap dengan menggunakan metode pengajuan secara kolektif. Dengan demikian maka BSM Impan ini bisa Anda jadikan alternatif lain bila Anda tidak ingin mengajukan KTA Mandiri Paryoll dari perbankan konvensional.

Meski tidak tersirat telah mempunyai produk Kredit Tanpa Agunan, namun Bank Syariah Mandiri ini sebenarnya mempunyai produk pinjaman yang bisa untuk diajukan tanpa jaminan. Fasilitas tersebut bisa Anda peroleh dari BSM Implan dengan berbagai ketentuan pengajuan kolektif ataupun kelompok.

Cara Mendapatkan KTA Bank Mandiri Syariah

Kredit Tanpa Agunan Bank Mandiri Syariah ini sebenarnya hanyalah sebuah sebutan untuk jenis pembiayaan BSM Implan. Pembiayaan ini yang ditawarkan bagi karyawan tetap, PNS/ POLRI/ TNI, dan juga karyawan BUMN.

Akad Pembiayaan

Secara umum untuk pembiayaan tanpa agunan ini akan diberikan melalui dua jenis akad pembiayaan. Pertama dengan menggunakan akad Wakalah wal Murabahah, hal ini dilakukan bila pinjaman akan digunakan untuk membeli barang konsumtif. Kedua dengan menggunakan akad Wakalah wal Ijarah, hal ini dilakukan bila pinjaman yang diajukan hendak dimanfaatkan untuk bisa memperoleh manfaat jasa misalnya biaya pendidikan.

Persyaratan Utama Calon Debitur

Untuk bisa mengajukan KTA Bank Mandiri Syariah maka calon debitur wajib untuk memenuhi kriteria utama sebagai berikut :

  • WNI cakap hukum
  • Memiliki rentang usia 21 – 55 tahun
  • Berstatus sebagai karyawan tetap, pegawai BUMN, PNS, TNI/ POLRI
  • Pengajuan harus dilakukan secara kolektif atau kelompok minimum 10 orang atau sebesar Rp 100 juta

Limit Kredit yang Bisa Diajukan

Sebagaimana yang telah dijelaskan di atas, limit Kredit Tanpa Agunan Mandiri Syariah ini diberikan dalam dua jenis berikut :

  • Limit maksimum sekitar Rp 50 juta bagi nasabah dengan status pekerjaan sebagai seorang karyawan tetap pada suatu perusahaan.
  • Limit maksimum sekitar Rp 100 juta per debitur diberikan buat nasabah dengan status pekerjaan sebagai seorang pegawai BUMN, PNS, TNI/ POLRI.

Jangka Waktu Pembiayaan atau Tenor Kredit

Jangka waktu untuk pengambilan pinjaman KTA Bank Syariah Mandiri ini yaitu maksimum 3 tahun atau 36 bulan. Hal ini untuk pengajuan kredit tanpa agunan dengan nilai kredit maksimum sekitar Rp 50 juta untuk karyawan tetap.

Jangka waktu maksimum 5 tahun atau 60 bulan. Hal ini untuk pengajuan KTA dengan maksimum sekitar Rp 100 juta. Ini khususnya bagi karyawan BUMN, PNS, TNI/ POLRI.

Pengajuan KTA Mandiri Syariah BSM Impan

Untuk pengajuan pinjaman BSM Impan atau KTA Mandiri Syariah ini bisa dilakukan dengan beberapa ketentuan sebagai berikut :

  • Pengajuan pinjaman ini dilakukan secara kelompok yaitu melalui perusahaan tempat calon debitur bekerja.
  • Pengajuan pembiayaan untuk satu kelompok itu paling sedikit sekitar Rp 100 juta atau minimum ada 10 orang dalam satu kelompok.
  • Pembagian kelompok nasabah itu harus disesuaikan dengan jenis dari pembiayaan yang diambil untuk KTA Bank Syariah Mandiri ini.

Beberapa kelebihan KTA ini diantaranya sebagai berikut :

  1. Tidak diperlukan adanya agunan ataupun jaminan dalam proses pengajuan.
  2. Limit kredit cukup besar sampai Rp 100 juta per debitur.
  3. Ditawarkan dengan 2 jenis akad pembiayaan yang berbeda. Sehingga hal ini bisa digunakan untuk pembelian barang maupun pembelian jasa.

Disamping memiliki berbagai macam kelebihan yang ada di atas, maka pinjaman KTA Bank Mandiri Syariah juga memiliki kekurangan. Beberapa dari kekurangan tersebut diantaranya harus Anda ajukan secara kolektif. Hal ini dengan pola channeling dan hanya bisa berlaku bagi kalangan karyawan tetap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *