Hal-Hal Seputar Premi Asuransi Kesehatan yang Perlu Diketahui

Asuransi kesehatan adalah jenis produk asuransi yang  memberikan jaminan kesehatan kepada para tertanggung (nasabah) apalia mengalami sakit atau kecelakaan. Asuransi kesehatan ini ditawarkan oleh perusahaan asuransi dengan beragam pilihan mulai dari perlindungan biaya rawat inap di rumah sakit hingga biaya rawat jalan pra dan pasca proses rawat inap dengan premi asuransi kesehatan yang beragam. Selain itu, asuransi kesehatan juga menyediakan jaminan biaya proses melahirkan baik secara normal maupun sesar kepada para tertanggungnya.

Banyak manfaat yang Anda dapatkan dengan mengikuti asuransi kesehatan. Anda tidak perlu lagi merepotkan kerluarga atau kerabat terdekat dengan biaya pengobatan apabila Anda terserang penyakit atau diharuskan dirawat dalam kurun waktu tertentu karena telah ditanggung oleh perusahaan selaku pihak penanggung. Bagi Anda yang ingin merasakan berbagai manfaat dari asuransi kesehatan tetapi masih ragu karena biaya premi yang mahal, jangan khawatir karena kami telah menyiapkan ulasan mengenai jaminan kesehatan dengan premi murah berikut ini:

Murah

Kita semua pasti ingin membeli segala sesuatu dengan harga yang terjangkau tetapi berkualitas. Begitu pula ketika mengikuti asuransi kesehatan, kita tentu menginginkan perlindungan yang terbaik dengan harga jaminan untuk kesehatan yang tentu dapat diterima oleh kantong kita. Premi yang murah ini reltif, bergantung pada kebutuhan kita dan perlindungan yang ditawarkan perusahaan asuransi. Lalu, bagaimana untuk mendapatkan asuransi kesehatan murah tetapi tidak murahan?

  1. Memahami Kebutuhan Berasuransi

Memahami kebutuhan berasuransi adalah hal yang dapat menentukan premi ini murah atau mahal. Bila diperuntukan untuk keluarga tentu harganya pun akan lebih besar dibandingkan dengan premi yang diperuntukan untuk satu orang saja.

  • Lihat Fasilitas yang Ditawarkan dalam Perlindungan Asuransi

Ketika berbicara mengenai premi asuransi, maka Anda harus mengetahui dengan baik produk asuransinya. Besaran premi yang kita bayarkan haruslah sesuai dengan perlindungan yang diberikan oleh pihak perusahaan asuransi sebagai pihak penanggung. Harga jaminan tentu akan berbeda antara jenis asuransi kesehatan rawat inap yang mengharuskan adanya perawatan opname bila dibandingkan dengan asuransi kesehatan rawat jalan yang hanya membiayai pelayanan medis tanpa opname.

Bagaimana Cara Mengenali Premi Asuransi Kesehatan?

  • Cari Tahu Reputasi Perusahaan Asuransi

Hal ini mungkin tidak secara langsung menandakan bahwa premi asuransi kesehatan dikatakan murah, tetapi secara tidak langsung reputasi perusahaan asuransi akan menunjukan sebaik apa pelayanan yang akan Anda dapatkan.

Analoginya seperti ini, jika perusahaan asuransi memiliki reputasi dan review yang sangat baik maka sudah dipastikan bahwa mereka memilii pelayanan, fasilitas, serta mitra rekanan rumah sakit yang berkualitas dan tentu akan semakin menjamin premi yang Anda bayarkan tidak terbayar dengan sia-sia.

Harga Premi Asuransi Kesehatan

Selanjutnya, mengenai harga jaminan kesehatan, cara yang paling tepat Anda lakukan adalah dengan menghitung premi dengan biaya bulanan Anda. Cermatilah biaya pengeluaran Anda per bulan, dan coba alokasikan 10 – 20% dari total gaji yang Anda miliki. Agar lebih memudahkan Anda, berikut ini terdapat perhitungan harga untuk jaminan kesehatan yang disesuaikan dengan besaran gaji per bulan:

  1. Gaji <5 Juta : Rp. 50.000 – Rp. 500.000
  2. Gaji 6 – 10 Juta : Rp 1.000.000 – Rp. 2.000.000
  3. Gaji > 10 Juta: > Rp. 2.000.000

Harga premi tersebut Anda bayarkan per bulan dalam jangka waktu tertentu, misalnya dalam kurun waktu lima tahun. Nah, jika selama kurun lima tahun Anda tidak mengajukan klaim asuransi, maka uang premi tersebut dapat Anda dapatkan kembali. Dengan kata lain, mengikuti asuransi kesehatan ini bisa juga dikatakan sebagai simpanan masa depan Anda. Demikian, beberapa hal seputar premi asuransi kesehatan yang perlu Anda ketahui, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *