Inilah 5 Strategi Instagram Marketing yang Wajib Dicoba

strategi instagram marketing

Instagram merupakan salah satu media sosial yang memiliki banyak pengguna. Saking banyaknya pengguna diperkirakan 72% membeli suatu produk setelah melihatnya di media sosial ini. Fakta inilah yang kemudian membuat strategi instagram marketing banyak diterapkan saat ini. 

Meski terdengar mudah, strategi marketing di Instagram tidak bisa dilakukan sembarangan. Banyak sekali pertimbangan dan juga rencana yang matang agar sasaran marketing bisa tepat dan efektif. Selain itu juga memerlukan waktu yang tidak sebentar agar hasilnya bisa sesuai dengan target. 

5 Strategi Instagram Marketing yang Wajib Dicoba

1. Menggunakan Akun Instagram Bisnis

strategi instagram marketing
Gunakan Akun Instagram Bisnis

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah menggunakan akun Instagram bisnis. Alasannya karena akun bisnis bisa memudahkan calon konsumen untuk menghubungi Anda. Selain itu, memberikan kesan lebih profesional pada bisnis yang sedang dijalankan. Akun Instagram bisnis juga memiliki beberapa fitur yang tidak bisa ditemukan di Instagram pribadi.

Salah satu fitur yang disediakan adalah Insights. Insights merupakan fitur yang bisa digunakan untuk menganalisis dan memberikan statistik mengenai akun Anda. Cara merubah akun Instagram pribadi ke akun Instagram bisnis sangatlah mudah. Masuk saja ke menu Pengaturan, klik Akun lalu Beralih ke Akun Profesional.

2. Optimasi Profil Bisnis

Langkah selanjutnya setelah merubah ke akun Instagram bisnis adalah dengan mengoptimasi profil. Perlu dipahami jika profil yang bagus dan profesional bisa merubah calon konsumen menjadi konsumen tetap. Adapun beberapa cara yang harus dilakukan adalah pertama memilih username yang simpel dan mudah dikenali oleh banyak pengguna Instagram. 

Selanjutnya menggunakan foto profil dari brand yang dijual. Setelah itu, tulislah bio yang menarik dan informatif. Lanjutkan dengan masukkan CTA, CTA ini berguna untuk mendekatkan konsumen supaya membeli produk yang dijual. Terakhir masukkan link di bawah CTA. Link yang dimasukkan pastinya berhubungan dengan CTA. 

3. Mengetahui Jenis Postingan Instagram

strategi instagram marketing
Tentukan dan Ketahui Jenis Postingan Instagram

Supaya produk yang dijual bisa diminati oleh banyak konsumen, buatlah konten-konten yang menarik dan berkualitas. Di dalam Instagram itu sendiri, konten dibagi menjadi empat yaitu feed Instagram, Instagram Stories, Instagram Live dan Instagram TV. Masing-masing onten tersebut bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan produk yang dijual.

4. Menciptakan Komunitas Melalui Hastag  

Hastag yang ada pada Instagram tidak jauh berbeda dengan hastag di media sosial lainnya. Hastag berfungsi untuk menjangkau audiens secara lebih luas. Keberadaannya memungkinkan foto maupun video yang di posting akan dilihat oleh banyak orang. Anda juga bisa menciptakan komunitas melalui hastag.

Manfaat hastag itu sendiri bisa digunakan sebagai campaign di Instagram atau kepentingan lainnya. Tujuannya supaya pengguna Instagram memiliki ketertarikan untuk membeli produk yang dijual. Cara ini bisa dibilang cukup mudah untuk dilakukan.

5. Memanfaatkan Berbagai Fitur Canggih

strategi instagram marketing
Manfaatkan Berbagai Fitur Canggih yang Ada di Instagram

Ketika menggunakan akun Instagram bisnis, maka akan ditemukan beberapa opsi baru yang muncul serta fitur-fitur menarik. Beberapa fitur tersebut seperti insights, Instagram Ads, tombol kontak, Quick Reply dan Swipe Up di Stories. Instagram Ads bisa digunakan dalam membuat ikan untuk mempromosikan produk di Instagram. 

Keberadaan tombol kontak bisa mempermudah pengguna untuk memasukkan nomor telepon atau alamat email. Quick Reply memungkinkan Anda untuk membalas cepat berbagi pesan yang masuk melalui DM.  Swipe up di stories memungkinkan untuk mengarahkan follower secara langsung ke landing page atau website.

Itulah 5 strategi Instagram marketing yang wajib dicoba. Cara ini bisa dilakukan dengan mudah dan akan membantu mendapatkan hasil maksimal. Tunggu apalagi segera gunakan Instagram untuk mempromosikan produk yang dijual. Selamat mencoba! 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *