Surat Izin Usaha Perdagangan: Pengertian dan Cara Membuatnya

surat izin usaha perdagangan

Dalam melakukan kegiatan perdagangan maka ada hal yang harus diperhatikan dan tidak boleh dilewatkan. Langkah awal yang harus Anda lakukan mendaftarkan usaha Anda dan mendapatkan izin untuk menjalankan usaha tersebut. Izin usaha tersebut dikenal dengan nama surat izin usaha perdagangan (SIUP). 

Dalam mendirikan usaha perdagangan, SIUP sangat diperlukan dan wajib usaha perseorangan maupun badan usaha. Perlu  diketahui jika SIUP tidak hanya diperuntukkan untuk pedagang skala besar melainkan juga skala kecil. Maka dari itu harus tetap mengurusnya.

Apa Itu SIUP? 

surat izin usaha perdagangan
Mengenal Pengertian Surat Izin Usaha Perdagangan

Surat izin usaha perdagangan atau SIUP merupakan surat izin supaya bisa menjalankan kegiatan usaha perdagangan. Perdagangan yang dimaksud adalah kegiatan transaksi barang atau jasa, seperti jual beli, sewa menyewa, sewa beli yang dilakukan secara berkelanjutan. Tujuannya untuk pengalihan hak atas barang atau jasa dengan imbalan atau kompensasi.

Adapun syarat yang harus dipersiapkan jika ingin mengurus SIUP adalah fotokopi direktur utama/penanggung jawab, fotokopi akta notaris pendirian perusahaan, dan akta perubahan. Fotokopi surat keputusan pengesahan badan usaha pendirian perusahaan dan perubahannya, softcopy pas foto direktur utama/ penanggung jawab ukuran 3 x 4  dan surat pernyataan.

Jenis-jenis SIUP

surat izin usaha perdagangan
Berbagai Jenis SIUP untuk Usaha

1. SIUP Kecil 

Jenis SIUP yang pertama adalah SIUP kecil. SIUP kecil ini wajib dimiliki oleh suatu perusahaan perdagangan dengan kekayaan bersih lebih dari Rp 50  juta hingga paling banyak Rp 50 juta. Kekayaan bersih tersebut tidak termasuk tanah maupun bangunan tempat usaha.

2. SIUP Menengah 

Jenis SIUP menengah wajib dimiliki oleh perusahaan perdagangan yang memiliki kekayaan paling banyak Rp 10 miliar. Kekayaan bersih tersebut mulai Rp 500 juta sampai Rp 10  milar. Nominal tersebut belum termasuk tanah dan juga bangunan tempat usaha.

3. SIUP Besar

Jenis SIUP selanjutnya adalah SIUP besar. SIUP besar wajib dimiliki oleh perusahaan yang memiliki kekayaan bersih lebih dari Rp 10 miliar. Jumlah kekayaan bersih tersebut tidak termasuk aset seperti tanah dan bangunan tempat usaha.

4. SIUP Mikro

Jenis SIUP yang terakhir adalah SIUP mikro. SIUP mikro diberikan kepada perusahaan perdagangan mikro. Meski masih perdagangan mikro memang tetap diwajibkan untuk memiliki SIUP. 

Cara Membuat Surat Izin Usaha Perdagangan

surat izin usaha perdagangan
Prosedur Membuat Surat Izin Usaha Perdagangan

1. Mengambil Formulir Pendaftaran

Cara membuat SIUP yang pertama adalah mengambil formulir. Formulir pendaftaran bisa diambil di Kantor Dinas Perdagangan. Pemilik perusahaan bisa langsung datang ke Kantor Dinas Perdagangan atau Kantor Pelayanan Perizinan. Apabila Anda sibuk bisa diwakilkan dengan meminta bantuan orang lain. Tetapi harus dibuktikan dengan adanya surat kuasa.

2. Mengisi Formulir Pendaftaran 

Setelah mengambil formulir pendaftaran maka selanjutnya harus mengisinya dengan benar dan lengkap. Setelah selesai mengisi data jangan lupa ditandatangani diatas materai Rp.6000.   Siapa yang harus tanda tangan? Pemilik perusahaan atau direktur utama atau penanggung jawab perusahaan. 

Formulir yang telah diisi lengkap dan ditandatangani harus di fotokopi sebanyak 2 rangkap. Kemudian digabungkan dengan berkas persyaratan yang dibutuhkan.  Apabila meminta orang lain untuk mengurusnya maka harus melampirkan surat kuasa bermaterai yang ditandatangani oleh Pemilik perusahaan atau direktur utama atau penanggung jawab perusahaan. 

3. Membayar Biaya Pembuatan Surat Izin Usaha Perdagangan

Biaya yang harus dikeluarkan untuk membuat SIUP berbeda-beda. Untuk setiap kabupaten/kotamadya telah diatur oleh Peraturan daerah di masing-masing. Maka dari itu pasti akan mengalami perbedaan dengan wilayah lainnya.

4. Proses Pembuatan SIUP 

Setelah membayar biaya yang diminta untuk mengurus SIUP maka harus menunggu proses pembuatannya selesai. SIUP yang diurus tidak bisa langsung jadi. Biasanya waktu yang dibutuhkan untuk proses pembuatan sekitar 2 minggu. Setelah selesa nantinya petugas akan menghubungi Anda bahwa SIUP sudah selesai dan bisa diambil

Itulah penjelasan tentang surat izin usaha perdagangan dan cara membuatnya. SIUP ini nantinya akan berlaku selama perusahaan perdagangan masih melakukan kegiatan usahanya. Tetapi setiap lima tahun harus melakukan pendaftaran ulang. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *