Wajib Tahu! Inilah Unsur-unsur Iklan Beserta Jenis-jenisnya

unsur-unsur iklan

Iklan merupakan salah satu media yang biasanya digunakan untuk memperkenalkan atau menjual produk maupun jasa kepada orang lain. Perlu diketahui jika iklan yang baik harus memiliki unsur-unsur iklan yang baik supaya bisa menarik perhatian banyak orang. Dengan begitu Anda bisa membuat iklan yang efektif menarik perhatian banyak orang. 

Unsur-unsur Iklan yang Harus Ada

1. Menarik Perhatian

unsur-unsur iklan
Iklan harus mampu menarik perhatian publik

Unsur yang pertama adalah menarik perhatian. Sebuah iklan yang dibuat diharuskan untuk menarik perhatian supaya dilihat oleh banyak orang. Jika tampilan iklan biasa saja maka orang lain malas untuk meliriknya sehingga apa yang di iklankan tidak diketahui. Maka dari itu sangat penting untuk menggunakan ide-ide yang baru dan menarik ketika membuatnya.

2. Ketertarikan

Unsur lain yang harus ada di dalam iklan adalah ketertarikan. Maksudnya Anda diharuskan untuk menentukan siapa saja target yang dituju sebelum membuat iklan. Setelah mengetahui siapa targetnya akan menjadi lebih mudah dalam menentukan konsep dari iklan. Iklan yang tepat sasaran akan membuat calon pembeli tertarik untuk memiliki produk yang di iklankan.

3. Nama dan Gambar Produk

Unsur iklan lainnya yang sangat penting adalah nama dan gambar produk usaha. Iklan diharuskan melengkapinya dengan unsur ini supaya calon pembeli tahu produk yang di iklankan.  Nama produk tersebut merupakan identitas utama yang diberitakan kepada orang lain. Sedangkan gambar produk bertujuan untuk memberitahu bentuk produk yang ditawarkan.

4. Kalimat Iklan yang Digunakan

unsur-unsur iklan
Harus bisa memilih kalimat iklan yang persuasif dan menarik

Kalimat iklan yang dibuat dengan unik dan menarik  bisa menjadi salah satu faktor suksesnya iklan yang dibuat. Hal ini dikarenakan kalimat iklan berisi ajakan untuk membeli produk tersebut. Apabila kalimat iklan sangat bagus, maka akan menarik banyak calon pembeli.

5. Keunggulan Produk

Jangan lupa dalam membuat suatu iklan harus menuliskan apa saja keunggulan produk yang ditawarkan. Jika unsur satu ini dilupakan maka iklan terlihat kurang menarik. Hal ini dikarenakan adanya keunggulan produk berguna untuk menarik minat calon pembeli.

6. Harga Produk

Unsur iklan yang terakhir adalah harga produk. Apabila tidak mencantumkan harga produk pada iklan yang dibuat, maka informasi yang diberikan menjadi kurang lengkap. Terlebih orang lain yang melihat iklan terlebih dahulu akan melihat harga produk. Dengan begitu  calon pembeli akan membandingkan harga dengan produk lainnya.

Jenis-jenis Iklan

unsur-unsur iklan
Berbagai jenis iklan yang dikenal secara umum

1. Jenis Iklan Berdasarkan Isinya

Jenis iklan berdasarkan isinya dibagi menjadi dua yaitu iklan niaga dan iklan layanan masyarakat. Iklan niaga merupakan iklan yang berisi mengenai penawaran sebuah produk atau jasa. Sedangkan iklan layanan masyarakat merupakan iklan yang memiliki tujuan untuk memberikan himbauan ataupun informasi kepada masyarakat.

2. Jenis Iklan Berdasarkan Media yang Digunakan

Jenis iklan berdasarkan media yang digunakan juga dibagi menjadi dua, yaitu iklan elektronik dan iklan cetak. Iklan elektronik merupakan iklan yang memanfaatkan keberadaan media elektronik seperti televisi, radio dan internet. Sedangkan iklan cetak adalah iklan yang memanfaatkan media cetak seperti koran, majalah, poster dan sebagainya.

3. Jenis Iklan Berdasarkan Tujuan

Jenis iklan berdasarkan tujuan juga dibagi menjadi dua, yaitu iklan komersial dan iklan non-komersial. Iklan komersial merupakan iklan yang mempunyai tujuan untuk mencari keuntungan. Sedangkan iklan non-komersial merupakan iklan yang mempunyai tujuan untuk memberikan informasi kepada khalayak ramai.

Nah itulah unsur-unsur iklan beserta jenis-jenisnya yang harus diketahui. Diharapkan uraian diatas membuat Anda lebih paham bagaimana cara membuat iklan yang menarik. Semoga informasi yang diberikan memberikan banyak manfaat. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *