Franchise: Pengertian, Sistem dan Macam-macam Usahanya

franchise

Franchise menjadi salah satu jenis usaha yang bisa dipilih oleh pelaku bisnis. Perlu diketahui jika di Indonesia bisnis ini dikenal dengan nama waralaba. Hingga saat ini bisnis seperti ini sudah cukup banyak jenisnya. 

Apa Itu Franchise? 

franchise
Mengenal Bisnis Waralaba

Franchise adalah suatu hubungan bisnis atau usaha antara pemilik merek dengan produk atau sistem operasional dengan pihak kedua yang berbentuk pemberian izin dari pengguna merk, produk serta sistem operasional. Pemberian izin yang diberikan hanya dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan kesepakatan sebelumnya antara kedua belah pihak. 

Pengertian lain mengenai waralaba adalah suatu hak khusus yang dimiliki oleh seseorang atau badan usaha untuk menjual kembali suatu produk atau jasa maupun layanan yang telah ada. Waralaba pertama kali muncul pada tahun 1950-an, pada mulanya berasal dari bengkel atau dealer motor yang menyediakan suatu spare part berlisensi.

Bagaimana Sistem Waralaba Itu?

franchise
Pembagian Sistem Kerja Waralaba

1. Sistem Keuangan

Sistem franchise yang pertama adalah sistem keuangan. Pada bisnis waralaba pemilik merek atau franchisor dagang dapat membuat sistem keuangan yang diterapkan oleh seluruh investor yang bergabung. Manajemen keuangan memiliki tugas untuk menetapkan struktur keuangan suatu organisasi. Mengalokasikan dana secara efisien dan sebagainya.

2. Sistem Produksi dan Distribusi 

Proses produksi bisnis dilakukan agar kualitas dan servicenya sama sesuai yang dibutuhkan. Misalnya bahan baku, desain produk, proses produksi, pengendalian mutu hasil produksi, penentuan harga dan sebagainya. Sistem tersebut kemudian dijalankan sesuai ketentuan yang telah ditetapkan.  

3. Promosi dan Pemasaran 

Promosi memiliki peran cukup penting dalam kesuksesan suatu waralaba. Promosi ini merupakan suatu bentuk amunisi perusahaan dalam memenangkan pasar untuk meningkatkan penjualan. Strategi pemasaran harus memenuhi hal-hal penting seperti bertujuan pada target pasar, menyampaikan secara langsung apa keuntungannya bagi konsumen dan sebagainya.

4. Pengelolaan Pelanggan

Perlu diketahui jika pelanggan merupakan investasi bagi perkembangan suatu usaha seperti franchise. Maka dari itu, perlu memelihara pelanggan potensial dan pelanggan besar. Pelanggan ada yang kecil dan juga besar, keduanya harus memperoleh perhatian sangat baik. 

5. Penggunaan Nama Usaha

Nama usaha menjadi hal penting dalam perjalanan sebuah bisnis. Dalam sistem usaha franchise, nama usaha induk mutlak diperbolehkan menjadi nama bagi usaha waralaba yang dibuka. Intinya, semua nama, trademark, jargon, bahkan logo, juga diterapkan ke semua waralaba yang dibuka. 

Macam-Macam Usaha Franchise

franchise
Macam Usaha Sistem Waralaba

1. Franchise Ritel

Franchise ritel merupakan salah satu jenis waralaba yang paling populer. Franchise jenis ini menyediakan produk atau jasa layanan bagi para pelanggannya. Franchise ritel sangat mudah ditemukan di sekitar kita, seperti bisnis di bidang makanan, pendidikan, teknologi, jasa layanan dan sebagainya. Franchise jenis ini membutuhkan modal cukup besar untuk sewa tempat, biaya operasional dan biaya pengembangan nilai brand.

2. Franchise Investasi 

Waralaba jenis ini membutuhkan investasi keuangan cukup besar ke dalam bisnis tanpa harus bekerja langsung di dalam bisnis tersebut. Untuk menjalankan waralaba ini diharuskan untuk memiliki pengalaman dalam mengelola tim besar. Contoh waralaba investasi adalah restoran, hotel dan toserba.

3. Franchise Manajemen 

Waralaba jenis ini berbasis di kantor dan bekerja sama dengan organisasi atau bisnis untuk menyediakan produk atau jasa layanan. Biasanya tidak berurusan langsung dengan konsumen dan juga penerima produk atau layanan.  Membutuhkan beberapa keterampilan pemasaran supaya bisa menciptakan minat atas jasa layanan yang ditawarkan kepada pelanggan.

4. Franchise Operator Tunggal 

Jenis ini melibatkan satu operator untuk menjual suatu produk atau menyediakan layanan dalam perdagangan atau industri tertentu. nantinya pemilik akan memberikan nama brand atau merek dagang bersama dengan peralatan, seragam serta strategi pemasaran yang relevan. Tujuannya supaya waralaba bisa menjual produk atau memberikan layanan  yang standar.

Itulah pengertian franchise, sistem dan juga macam-macam usahanya. Diharapkan uraian diatas bisa membuat pembacanya menjadi tahu dan paham apa itu bisnis waralaba. Semoga informasi diatas bermanfaat bagi pembacanya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *