Usaha Laundry Sepatu Modal Minim, Omzet Bikin Merinding

usaha laundry sepatu

Salah satu dampak dari perkembangan zaman adalah kemunculan beberapa usaha yang kreatif dan unik. Meski terkesan sepele, ternyata usaha kecil-kecilan pun dapat mendatangkan omset yang lumayan. Tak hanya dalam bidang kuliner, usaha lain pun tak kalah menggiurkan, seperti peluang usaha laundry sepatu.  

Laundry sepatu adalah sebuah usaha yang menyediakan jasa untuk mencuci dan melakukan perawatan sepatu. Jangan anggap remeh, karena usaha yang satu ini memberikan hasil yang sangat nyata. Penasaran, bagaimana langkah-langkah untuk mendirikan laundry sepatu?

Langkah Mudah Memulai Usaha Laundry Sepatu

Di zaman milenial, masyarakat lebih senang hidup praktis dan tanpa ribet. Begitu juga dalam hal pemeliharaan sepatu, tidak sedikit orang lebih memilih untuk mencucinya di tempat usaha laundry sepatu. Selain keterbatasan waktu, minimnya pengetahuan juga menjadi alasan utama pengambilan keputusan.

Dengan kata lain, keberadaan laundry sepatu menjadi solusi tepat bagi para pecinta alas kaki. Tak perlu bersusah payah, tetapi sepatu kesayangan tetap bersih dan terawat. Dari segi bisnis, usaha ini juga cukup mudah untuk dijalankan dengan hasil yang menjanjikan. Berikut adalah 5 langkah mudah untuk mendirikan laundry sepatu :

1. Lakukan Riset

usaha laundry sepatu
Melakukan riset sebagai persiapan usaha laundry

Sebelum mendirikan usaha apapun, sebaiknya melakukan riset atau analisa terlebih dahulu. Pertama, riset mengenai keberadaan usaha yang serupa dan lihat kondisinya lebih dekat. Kedua, riset lokasi. Pilihlah lokasi tempat usaha laundry sepatu yang strategis, mudah dijangkau, dan memiliki parkiran yang cukup luas. 

Ketiga, riset lingkungan dan kondisi pasar. Analisa ini sangat penting untuk dilakukan, yaitu untuk menghindari salah target atau sasaran. Pasalnya, laundry sepatu biasanya melayani sepatu-sepatu mahal yang memerlukan perawatan khusus, bukan sepatu biasa.

2. Perbanyak Ilmu

Seperti yang sudah disebutkan di atas, sepatu yang dicuci di laundry adalah sepatu-sepatu bermerek. Oleh karena itu, proses pencucian pun tidak boleh sembarangan, jangan sampai merusak sepatu dan malah merugi. Semakin banyak bekal ilmu dan pengetahuan yang dimiliki, maka kelancaran usaha akan lebih terjamin.

3. Persiapan Bahan dan Alat

usaha laundry sepatu
Mempersiapkan alat dan bahan untuk usaha laundry

Perlu diketahui, peralatan dan bahan-bahan yang digunakan untuk membuka usaha laundry sepatu tentu berbeda dengan laundry pakaian. Oleh karena itu, carilah referensi dari sumber-sumber yang terpercaya untuk mendapatkan peralatan yang berkualitas. Selain sikat dan sabun, ada beberapa bahan kimia tertentu yang digunakan untuk melakukan perawatan.

Begitu juga dengan mesin cuci, pilihlah mesin dengan kualitas terbaik yang dapat mencuci segala macam bahan sepatu. Alangkah lebih baik, jika mesin tersebut juga dilengkapi dengan mesin pengering. Tujuannya agar sepatu menjadi lebih cepat kering dan bebas bau.

4. Berikan Point of Sales

Di sinilah peran kreativitas dan melakukan riset terlebih dahulu. Untuk menarik perhatian pelanggan, maka berikan point of sales atau keunggulan yang tidak dimiliki oleh kompetitor. Misal, pemberian diskon, layanan antar gratis, garansi, pelayanan yang ramah, dan lain sebagainya. Namun, hindari untuk melakukan perang harga dengan para kompetitor.

5. Branding dan Marketing

usaha laundry sepatu
Buatlah strategi branding dan marketing yang kuat

Agar usaha dapat dikenal secara meluas, maka terapkan sistem branding dan marketing yang tepat. Jika memiliki anggaran lebih, tidak ada salahnya menggunakan jasa endorse untuk melakukan promosi. Sementara promosi ini sebaiknya dilakukan dalam dua cara, yaitu online dan offline, sehingga jangkauan pasarnya lebih luas.

6. Dengarkan Kata Pelanggan

Jika usaha sudah berjalan, maka jangan ragu untuk mendengarkan kata pelanggan. Oleh karena itu, sediakan kotak saran dan testimoni yang dapat diisi oleh pelanggan. Jangan pernah takut menerima kritik dan saran, karena itu adalah salah satu jalan untuk meningkatkan kualitas dan pelayanan.

Demikian 6 langkah mudah untuk mendirikan usaha laundry sepatu. Jangan pernah malu untuk memulai sebuah usaha dan jangan pernah berhenti belajar. Terus upgrade ilmu untuk mengupgrade usaha, dan nikmati prosesnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *