Ketahui Tips Sukses dan Rincian Modal Usaha Laundry

usaha laundry

Salah satu jenis usaha yang bisa dilakukan dirumah adalah usaha laundry. Usaha ini menjadi salah satu jenis usaha yang membutuhkan modal sedikit. Prospek dari usaha ini juga sangat terbuka lebar, mengingat banyak orang yang lebih memilih menggunakan jasa laundry daripada mencuci sendiri. 

Tips Sukses Membuka Jasa Laundry

1. Memiliki Kemauan yang Kuat 

Memiliki Niat dan Kemauan yang Kuat untuk Berbisnis

Untuk bisa sukses dalam menjalankan usaha laundry harus memiliki kemauan yang kuat. Hal ini karena dalam perjalanannya akan menghadapi banyak tantangan dan masalah. Salah satu masalah biasanya usaha laundry sepi. Setiap masalah yang datang harus segera diselesaikan dengan baik karena ini merupakan proses menuju keberhasilan.

2. Melakukan Riset Lokasi dan Target Market

Hal terpenting yang perlu dilakukan sebelum membuka usaha laundry adalah melakukan riset lokasi. Pilih lingkungan yang tepat dan juga strategis. Selain itu pelajari bagaimana gaya hidup masyarakat di lingkungan tersebut.  Apakah mayoritas masyarakat di sana merupakan anak kos, mahasiswa, keluarga muda atau wanita karir. 

3. Mencatat Peralatan dan Perlengkapan yang Dibutuhkan  

Membuka usaha laundry tentunya harus mempersiapkan peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan. Terlebih dahulu catat peralatan dan perlengkapan apa saja yang harus dibeli sebagai modal awal. Contohnya mesin cuci, setrika, keranjang pakaian, timbangan, rak, pewangi pakaian, detergen, gantungan pakaian dan sebagainya.

4. Menghitung Pengeluaran 

usaha laundry
Melakukan Perhitungan Pengeluaran yang Rinci

Setelah mencatat peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan. selanjutnya perlu menghitung berapakah biaya listrik dan air yang diperhitungkan dalam satu bulan. Selain itu juga siapkan bujet tertentu untuk promosi. Pertimbangkan juga membutuhkan karyawan atau tidak. Cara ini dilakukan untuk menghindari pengeluaran yang tidak penting.

5. Menguasai Teknik Mencuci dan Menyetrika yang Baik

Namanya juga membuka jasa laundry tentunya harus menguasai teknik mencuci dan menyetrika dengan baik. Mencuci memang dianggap mudah dilakukan tetapi ternyata tidak semudah itu. Karena Anda harus mengelompokkan jenis pakaian, memisahkan pakaian putih, pakaian yang mudah luntur, pakaian berwarna dan terbuat dari bahan khusus.

Pilihlah detergen dan pewangi yang lembut untuk pakaian. Salah dalam mencuci dan menyetrika bisa berakibat fatal, karena bisa merusak pakaian. Jika ini terjadi maka akan membuat nama baik laundry menjadi jelek.

6. Melakukan Promosi 

Supaya jasa laundry milik Anda mudah dikenal banyak orang maka perlu melakukan promosi. Caranya dengan mencetak brosur yang isinya cukup menarik dengan promo yang menggoda. Sebar brosur tersebut dari rumah ke rumah. Selain itu juga bisa melakukan promosi melalui media sosial. 

Perkiraan Rincian Modal Usaha Laundry 

usaha laundry
Perkiraan Modal yang Dibutuhkan

Untuk modal yang dibutuhkan dalam membuka usaha laundry bisa disesuaikan dengan kemampuan keuangan masing-masing. Bisa menyiapkan modal lebih dari 10 juta atau kurang dari 10 juta. Semua tergantung dari keinginan masing-masing. Berikut adalah contoh gambaran rincian modal usaha laundry yang harus dipersiapkan.

1. Mesin cuci : Rp 1500.000

2. Setrika : Rp   175.000

3. Timbangan : Rp      60.000

4. Rak : Rp     300.000

5. Hanger dan jepitan pakaian : Rp      120.000

6. Meja dan Kursi : Rp      300.000

7. Spanduk : Rp   42.000

8. Sewa gedung selama 1 tahun : Rp  5.000.000

9. Barang lainnya : Rp      550.000

Total : Rp  8.047.000

Itulah penjelasan tentang tips sukses dan rincian modal usaha laundry. Untuk modal awal yang dibutuhkan tidak lebih dari 10 juta. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat bagi pembaca semuanya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *