Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga di Desa dan Tanpa Modal

usaha sampingan ibu rumah tangga

Setelah menikah seorang wanita banyak yang memilih untuk menjadi ibu rumah tangga. Pekerjaan utama mengurus keluarga sehari-hari dengan baik. Meski begitu masih ada peluang untuk menjalankan usaha sampingan. Lalu, apa saja peluang usaha sampingan ibu rumah tangga yang bisa dijalani dan menguntungkan?

5 Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga di Desa 

Bagi ibu rumah tangga yang kebetulan tinggal di daerah desa juga tidak perlu khawatir. Karena tetap ada beberapa rekomendasi usaha sampingan yang cocok dilakukan. Keuntungan yang didapatkan juga tergolong lumayan.

1. Menjual Pulsa dan Paket Data 

Salah satu usaha sampingan ibu rumah tangga di desa yang sangat mudah dilakukan adalah jual pulsa dan paket data. Usaha yang satu ini tidak ada matinya karena hampir semua orang membutuhkannya. Terlebih kebutuhan akan internet semakin tinggi. Pekerjaan ini bisa dilakukan sambil mengerjakan pekerjaan rumah. 

2. Jasa Jahit 

usaha sampingan ibu rumah tangga
Membuka Usaha Menjadi Penjahit

Bagi ibu rumah tangga yang memiliki kemampuan menjahit maka bisa memanfaatkannya untuk dijadikan usaha. Untuk menjalankan usaha ini juga harus memiliki keterampilan menjahit. Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk strategi pemasaran. Dimana nantinya memposting hasil jahitan supaya bisa dilihat banyak orang.

3. Laundry 

Tidak hanya di kota, usaha laundry juga bisa dijalankan di desa. Meski tinggal di desa tentu masih banyak orang yang membutuhkan jasa laundry. Terlebih masih belum ada banyak pesaingnya. Biasanya di desa hanya ada satu atau dua laundry.

4. Toko Kelontong 

usaha sampingan ibu rumah tangga
Membuka Toko Kelontong di Rumah

Usaha sampingan ibu rumah tangga selanjutnya adalah menjual kebutuhan sehari-hari melalui toko kelontong. Terlebih di desa jauh dari keberadaan minimarket ataupun supermarket. Sehingga usaha ini memiliki peluang besar. Menjalankan usaha ini jangan mengambil keuntungan terlalu besar, terpenting perputaran usaha sangat kencang.

5. Ternak Ayam 

Permintaan daging ayam dan telur masih cukup tinggi, sehingga membuka peluang untuk menjalankan usaha ternak ayam. Permintaan yang masih cukup tinggi membuat usaha ternak ayam selalu stabil dan berdaya. Terlebih cara perawatan ayam juga sangat mudah.

5 Usaha Sampingan Tanpa Modal 

Selain bagi yang di desa, usaha sampingan juga bisa dilakukan dengan tanpa modal. Tentunya yang diutamakan dari usaha sampingan ini akan memanfaatkan keahlian atau kepandaian yang dimiliki. Berikut peluang usaha sampingan ibu rumah tangga tanpa modal yang bisa dipilih. 

1. Guru Les Privat 

Usaha tanpa modal yang cocok dijalankan oleh ibu rumah tangga adalah menjadi guru les privat. Peluang usaha ini cukup besar mengingat banyak orang tua yang bekerja sehingga tidak ada waktu mengajari anak-anaknya. Untuk itu akan meminta bantuan guru les privat.

2. Penulis Freelance 

Pekerjaan satu ini bisa dilakukan oleh siapa saja tanpa terkecuali ibu rumah tangga. Menariknya lagi menjadi penulis freelance bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Menjalankan usaha ini hanya membutuhkan laptop dan internet. Penghasilan cukup menjanjikan.

3. Membuka Day Care 

usaha sampingan ibu rumah tangga
Jasa Day Care untuk Anak-anak

Bagi Anda yang tinggal di kota besar dan  menyukai anak-anak maka bisa membuka day care. Usaha ini bisa dilakukan tanpa modal dan peluangnya besar. Terlebih banyak orang tua yang sibuk bekerja sehingga meminta bantuan dari day care.

4. Dropshipper

Usaha lainnya yang tidak membutuhkan modal adalah dropshipper. Cara kerja dropshipper adalah menjadi perantara supplier dan konsumen. Nantinya dropshipper akan menawarkan barang kepada konsumen. Pendapatan yang diperoleh berasal dari setiap produk yang berhasil terjual.

5. Blogging  

Saat ini menjadi blogging juga mendapatkan penghasilan yang menjanjikan. terlebih Anda memiliki kemampuan menulis.  Anda bisa mengisi blog dengan cara memasak, review produk kecantikan, pengalaman liburan dan sebagainya. Jika banyak yang membaca blog Anda maka akan mendapatkan banyak penghasilan. 

Itulah usaha sampingan ibu rumah tangga di desa dan tanpa modal. Ada banyak usaha sampingan yang bisa dilakukan dengan mudah. Untuk itu Anda akan mendapatkan pendapatan sambil mengerjakan pekerjaan rumah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *