Whatsapp Bisnis: Pengertian, Fitur, Cara Membuat dan Manfaat

whatsapp bisnis

Whatsapp merupakan salah satu aplikasi chatting yang saat ini banyak digunakan masyarakat untuk berkomunikasi. Tidak hanya itu, Whatsapp ternyata juga menghadirkan Whatsapp bisnis. Keberadaannya bisa digunakan untuk membantu bisnis skala menengah dan besar dalam menyediakan dukungan dan mengirim berbagai notifikasi penting kepada pelanggan.

Whatsapp Bisnis dan Fitur yang Ditawarkan

whatsapp bisnis
Mengenal Aplikasi Whatsapp untuk Bisnis

Seperti yang ditulis pada laman www.whatsapp.com, WA bisnis merupakan aplikasi gratis yang didesain bagi pemilik bisnis skala kecil. Pengguna aplikasi ini dapat membuat katalog dan menampilkan produk atau jasa yang ditawarkan kepada konsumen. Aplikasi ini menyediakan berbagai fitur untuk memudahkannya terhubung dengan konsumen.1

1. Profil Bisnis

Pengguna WA Bisnis dapat menambahkan profil bisnis. Fitur ini digunakan untuk memudahkan calon konsumen menemukan berbagai informasi. Contohnya seperti domain website, alamat atau lokasi bisnis, deskripsi bisnis, jam kerja, alamat email dan informasi kontak yang dapat dihubungi.

2. Perpesanan

Fitur perpesanan ini membantu calon konsumen maupun pelanggan untuk mengetahui penjual berada ditempat ketika diluar jam kerja. Dengan fitur ini penjual dapat menyetel pesan diluar jam kerja. Sehingga calon konsumen mengetahui kapan aktif untuk menjawab berbagai pertanyaan. 

Fitur ini juga membuat penjual lebih responsif terhadap calon konsumen. Seperti memberikan salam perkenalan ketika pertama kali mengirim pesan kepada calon konsumen. Sehingga kebutuhan jual beli bisa lebih terakomodasi.

3. Whatsapp Ganda

Adanya aplikasi WA bisnis yang terpasang di Smartphone bukan berarti tidak bisa menggunakan whatsapp messenger biasa. Pengguna dapat menggunakan keduanya di Smartphone yang sama. Namun ada ketentuan dari masing-masing whatsapp tersebut, yaitu menggunakan nomor telepon yang berbeda.

4. Whatsapp Web

Ap bisnis juga didukung dengan layanan via website agar penjual dapat merespon calon konsumen lebih efisien. Maksudnya whatsapp bisa dibuka melalui laptop atau PC melalui whatsapp web. Dengan begitu penjual bisa mengakses whatsapp ini dengan lebih mudah.

5. Metrik

Fitur metrik merupakan fitur yang dapat menganalisa sejauh mana percakapan yang telah terjadi dengan calon konsumen. Dengan adanya record percakapan tersebut penjual akan memperoleh berbagai informasi penting. Seperti misalnya tingkat balasan pesan atau berapa kali tautan di klik oleh calon pelanggan.

6. Label

Fitur label yang ada di WA bisnis berguna untuk menyortir berbagai percakapan dengan calon konsumen. Percakapan tersebut akan disortir ke dalam berbagai kategori tertentu seperti pelanggan baru dan pesan tertunda. Sehingga percakapan dengan pembeli bisa lebih tertata rapi. 

Cara Menggunakan Whatsapp Bisnis

whatsapp bisnis
Panduan Membuat Whatsapp Bisnis
  1. Mengunduh aplikasi WA Bisnis melalui play store bagi pengguna android dan App Store bagi pengguna iPhone, lalu klik install dan klik Agree & Continue
  2. Setelah itu pengguna diminta untuk memasukkan nomor telepon dan terdapat opsi menggunakan nomor telepon whatsapp regular. Apabila menggunakan opsi nomor telepon dari whatsapp regular maka secara otomatis ter-logout dari whatsapp tersebut. Karena ingat untuk menggunakan nomor yang berbeda untuk kedua whatsapp ini.
  3. Masukkan profil berupa foto, nama bisnis, deskripsi bisnis, jam kerja, email dan website.
  4. Masukkan katalog yang akan dijadikan etalase online. Katalog berupa foto hingga harga produk. Caranya cukup mudah dengan masuk ke Pengaturan > Katalog
  5. Setelah itu tambahkan produk lalu pilih foto produk dan jangan lupa untuk menyertakan informasi lengkap dari produk tersebut. Foto produk yang di unggah tidak lebih dari 500 foto. Setelah itu Simpan dan katalog dagang akan muncul di akun WA bisnis.
  6. Setelah melakukan berbagai langkah diatas maka secara otomatis akan tersambung dengan whatsapp Business Web Messenger seperti halnya whatsapp versi regular
  7. Whatsapp siap digunakan

Manfaat untuk Bisnis

whatsapp bisnis
Berbagai Manfaat yang Diberikan untuk Kepentingan Bisnis

1. Meningkatkan Kualitas Pelayanan

Hadirnya WA bisnis memang diperuntukkan untuk para pelaku bisnis yang bertujuan untuk mempermudah komunikasi dengan konsumen. Hal ini berarti keberadaannya sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Seperti yang diketahui, dalam bisnis kualitas pelayanan merupakan salah satu faktor terpenting pemicu repurchase intention.

2. Bisnis Terlihat Lebih Profesional

Keberadaan WA bisnis juga akan membuat bisnis terlihat lebih profesional. Bagaimana tidak tampilan profil akunnya seperti tampilan Google My Business. Dimana penggunanya bisa mengisi informasi umum sehingga mempermudah konsumen mengetahui apa, dimana dan juga kapan bisa melayan.

3. Pesan Lebih Terorganisir

WA bisnis ternyata juga bisa memisahkan pesan yang masuk berdasarkan kategori tabel. Keberadaan fitur ini, akan membuat Anda bisa dengan mudah untuk mengkategorikan pesan tertentu sehingga komunikasi dengan konsumen lebih terorganisir. Label tersebut seperti pelanggan baru, pesanan baru, menunggu pembayaran dan sebagainya.

Nah itulah penjelasan mengenai Whatsapp Bisnis, mulai dari pengertian hingga manfaatnya. Bagi Anda pelaku bisnis jangan lupa untuk menggunakan aplikasi ini karena ada banyak manfaat yang berikan. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat dan selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *